Tekad

Tumbuhkan kemauan dan tekad yang kuat, karena itu sumber dari segala keberhasilan kita
Tekad yang kuat bisa membawa kita menuju impian kita
Pupuk kembali tekad kita, jadilah orang yang berkemauan tinggi InsyaAllah impian kita tercapai .

Ada beberapa tips menumbuhkan tekad kita (dari ceramah Anis Matta)

1. Tentukan tujuan hidup kita (sehingga kita terarah dan tidak bingung mau kemana)
Cara termudah adalah coba bayangkan kita baru saja dimasukkan kedalam liang kubur kita, mulai ditutupi dengan tanah, lalu orang2 mulai menyampaikan sambutan2nya, penilaiannya tentang kita, dimulai dari ortu kita, sahabat kita, rekan kerja kita, tetangga, dan orang2 yg kita kenal.

Lalu apa yang kita harapkan akan mereka katakan tentang kita, mereka akan berkata apa adanya, sejujurnya karena saat itu kita tidak bisa lagi protes, atau merasa tersinggung, tidak ada lagi kata segan untuk menceritakan tentang kita. Itulah yang bisa kita jadikan tujuan, apa yang kita harapkan akan mereka katakan tentang kita.

2. Cintai tujuan, target dan harapan kita tersebut,
Kalau kita cinta maka seberat apapun akan terasa mudah. Dan untuk menumbuhkan kecintaan itu kita harus tahu manfaatnya, coba di list apa2 saja manfaat dan kesenangan yang akan kita dapat.

3. Hindari hal-hal yang menghabiskan tenaga kita.
Salah satunya marah, hindari marah. hindari dari aktifitas yang sia-sia, tidak ada gunanya dan hubungannya dengan tujuan kita tersebut, hindari berkata yang sia-sia, dan memikirkan hal-hal yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tujuan kita.

Penelitian menyebutkan orang2 besar hanya menggunakan 10-20% dari potensinya, bagaimana dengan kita?
untuk itu cobalah untuk fokus, konsenterasi hanya pada tujuan kita tersebut. salah satu tips konsenterasi adalah cobalah merenung, setelah sholat subuh luangkan beberapa menit untuk merenung.

26 Apr 2005
Untuk tekad yang tak pernah padam