Set Up Blog lagi

 

Wordpress Button Closeup
WordPress Button Closeup (Photo credit: Titanas)

Minggu ini kerjaan banyak soal set up blog lagi, dengan 10 blog yang harus di set up, ternyata memakan banyak waktu lebih dari yang direncanakan.

  • Buat logo sederhana saja, ukuran kecil, karena memang ingin disandingkan dengan iklan banner 728×90 di bagian atas blog, jadi ukuran logonya juga setinggi banner itu, 170×90, hasilnya lihat di traveleza.com. Buat untuk semua 10 blog dengan logo masing-masing, biarpun simple, logo ini berguna agar blog kita bisa kelihatan unik dan profesional, bukan sekedar spam blog.
  • Ke 10 blog memakai theme yang sama, yaitu theme “nyeo” beli dari salah satu member di ads-id.com, aku suka theme ini karena cepat, mudah di kustomasi dan tentunya sesuai namanya, SEO nya cukup bagus.
  • Ada yang bilang, blog baru jangan di kasih ads dulu, klo menurutku gak masalah dipasang dari awal, asalkan blognya sudah ada kontennya, aku suka pasang iklan dari awal karena bisa langsung ditrack perkembangan traffic adsnya, tampilan blog juga bisa lebih berwarna dengan adanya iklan. Karena harus ada kontennya, aku isi konten awal blog dari artikel yang di generate dari articlebuilder.net, lumayan unik dengan biaya yang murah (cari di ads-id ada yang kasih layanan ini).
  • Penempatan iklan, di bagian header banner panjang disamping logo, kemudian 1 ukuran besar di sidebar ukuran 300×600, dan juga di konten setelah paragraf ke tiga, menggunakan plugin “quick adsense”.
  • Set up, halaman-halaman penting seperti, about, contact, site-map dan privacy policy.
  • Set up menu blog, bagian atas dipakai category dan ada 1 lagi menu dibagian bawah berisi page.
  • Untuk widget di sidebar, aku cuma isi dengan, email subscription form, widget dari plugin “popular posts tabbed widget” berisi recent articles, popular post dan recent comments, dalam bentuk tab sehingga menghemat tempat.
  • Kemudian daftarkan semua blog di google analytic serta google webmaster, agar lebih mudah tracking optimasi SEO yang akan dilakukan nanti.
  • Terakhir, daftar ke social media, bikin akun twitter untuk setiap blog yang berarti harus bikin email masing-masing terlebih dahulu. Kemudian, FB pages bisa dibikin dari 1 akun saja, Google plus page juga bisa dibikin dari 1 akun saja. 3 ini saja yang paling penting menurutku, nanti kalau ada waktu bisa ditambah social network lainnya. Kemudian ke tiga social network di hubungkan dengan blog menggunakan fitur sharing yang ada dalam plugin Jetpack wordpress.com

Minggu depan mulai rutin isi konten tiap hari, mudah-mudahan target traffic 100pv perhari di bulan februari tercapai sesuai rencana proyeksi blog.