Pomodoro

Bukan nama pengembang properti loh, yang ini salah satu teknik time management mahsyur yang diciptakan Francesco Cirillo, ketemu gak sengaja saat nyari-nyari aplikasi timer sederhana, ternyata banyak aplikasi time management yang memakai prinsip metode pomodoro ini. Pomodoro sendiri artinya tomat dalam bahasa itali, makanya banyak icon aplikasi pomodoro ini nanti bergambar tomat.

Metodenya simpel, dengan bantuan timer, membagi task pekerjaan dalam interval kerja 25 menit kemudian 5 menit istirahat, disebut 1 pomodoro. Setelah terkumpul 4 pomodoro baru ada interval istirahat yang lebih lama, 15-30 menit. Dengan bantuan timer ini membuat kita mengejar target tugas/task yang dibebankan di satu pomodoro, sehingga membuat kita bisa kerja lebih cepat dan fokus.

Banyak aplikasinya baik buat pc maupun di gadget, salah satu yang kupakai di pc aplikasi ini Teamviz atau pomodoroapp, lengkap dengan tasklist harian beserta tracking reportnya. Bagiku sih berguna banget, terutama buat tracking waktu dan task-task yang dikerjakan, tapi namanya tool kembali lagi kepada kita penggunanya.