Persistence

Hidup ini pasti ada naik dan turunnya kawan, tidak mungkin jalan yang dilalui akan datar dan mulus seperti tol. Apalagi kalau kau ingin mencapai impianmu yang tinggi, pasti penuh dengan kesulitan dan hadangan dari berbagai pihak, justru disitu tanda bahwa kita masih hidup.

up and down

Apalagi yang namanya dunia bisnis, ketidakpastian justru menjadi bahan bakarnya, naik-turun sudah jadi makanan sehari-hari. Aku sendiri berkali-kali merasakannya, di bisnis online kemungkinannya lebih besar lagi, ketika kita sudah merasa nyaman dengan web yang cukup menghasilkan, tiba-tiba bisa terjadi update algoritma Search Engine yang merubah semuanya, atau yang lebih parah akun tiba-tiba kena banned, karena pelanggaran yang tidak dimengerti. Belum lagi peluang tertipu penjahat-penjahat online, web kena hacked, hingga hosting yang gulung tikar meninggalkan web yang sudah dibangun berbulan-bulan lenyap tanpa sisa.

Di bisnis offline tidak kalah kesulitannya, beberapa teman dan saudara yang kukenal lebih banyak yang gagal bisnisnya daripada yang berhasil, ini fakta dilapangan, dan bukan tanpa alasan banyak orangtua yang ingin anaknya jadi pegawai, karena berbisnis itu dekat sekali dengan yang namanya kegagalan. Tapi justru kegagalan itulah pintu gerbang menuju kesuksesan yang lebih besar

sukses

Makanya diperlukan sebuah daya tahan yang kuat, persistence, yaitu kualitas yang membuat seseorang mampu terus melakukan atau mencoba terus melakukan walaupun sulit dan banyak pihak yang menghadang. Kita tidak perlu berlari sprint dalam hidup ini, karena hidup gak sependek lomba 100 m, perjalanan hidup kita marathon 42 Km bahkan lebih, maka bersabarlah dan istiqomah terus bergerak maju. Bahkan dalam beribadah Allah juga lebih suka amalan yang dilakukan terus menerus walaupun kecil.

persistence

Jadi, kalau saat ini mengalami kegagalan, jangan putus asa, teruslah bangkit dan berjuang, karena setiap kerja keras kita tidak akan ada yang sia-sia, apalagi kalau diniatkan ibadah, rewardnya sudah pasti dapat, tanpa melihat hasilnya berhasil atau gagal. Masak kalah sama air yang kelihatan tidak punya kekuatan tapi mampu membelah gunung.