Minta clue…. dong!!

By : Dinar Asina

Beberapa hari ini sebuah situs internet menyita sebagian waktu surfing anak-anak extraldonary, situs asah otak yang kalau lihat forumnya maka bisa ditemukan kata-kata yang paling banyak muncul adalah “clue” atau “klu” atau “petunjuk”. Yah… emang situsnya benar-benar membutuhkan clue yang bagus agar bisa dinikmati, usaha untuk mendapatkan jawaban, kunci untuk bisa melanjutkan permainan ke level berikutnya, atau kalau tidak akan terhenti dan diam disitu terus, maka jawaban suatu level benar-benar sangat mempenasarankan siapapun yang bermain, bayangkan… kita punya pertanyaan yang sangat kita butuhkan jawabannya tapi tidak ada seorangpun yang mau memberitahukan jawabannya itu, forum hanya tempat mendapatkan petunjuk, dilarang keras memberikan jawaban ataupun sekedar klu tapi sangat menjurus, bakal segera disikat moderatornya. Namun bukan sekedar jawaban yang ingin didapatkan, namanya juga situs asah otak, kepuasan dan kenikmatan setelah berhasil mengasah otaknya itu yang lebih dicari. Yah…sangat puas sekali…. apalagi setelah sekian lama tertahan di suatu persoalan tertentu, akhirnya kita menemukan kunci solusinya, dan itu hasil dari perasan syaraf-syaraf otak kita sendiri… puaaasnyaa…..
Namanya simpel dan sering mengecohkan orang-orang, hingga beberapa teman sampai kesulitan mengakses situs ini. Tktq.net, simpel kan? Sesuai dengan kata baku yang biasa kita pakai yaitu tekateki, namun karena emang situsnya berkaitan dengan asah otak maka, sedari nama situsnya juga sudah melatih kita asah otak. Tktq.net, dengan alamat forumnya tktq.net/forum atau forum.tktq.net . Masukkan alamat tktq.net/level1.html untuk memulai permainan. Ayo! Berani mencoba?
Mulai dari bang dlarino sampai si aldrino juga ikut-ikutan, bersaing dong… siapa yang mikirnya lebih cepat n sense ke-dong-annya lebih tinggi, bisa jadi ajang buat pamer-pameran tinggi level namun bagi seorang tktq-ers sejati, semua itu gak penting, justru kenikmatan memecahkan persoalan yang sangat memuaskannya
Soal-soalnya sangat bervariasi, dengan berbagai teknik-teknik bak detektif kelas internasional, butuh lebih dari sekedar kemampuan sekelas conan ataupun kindaichi untuk bisa menyelesaikannya, apalagi untuk level-level tertentu. Umumnya semakin tinggi level semakin sulit soalnya, namun tak jarang ditemukan soal-soal yang justru lebih sulit daripada soal-soal berikutnya, soal-soal tertentu ini yang jadi primadona, dengan tanda-tanda tingginya jumlah halaman di forum, bisa membuat geram, pusing, mabok, hampir bunuh diri, stress orang-orang yang belum berhasil mendapatkan kunci penyelesaiannya, kalau mengikuti dinamika di forum maka bisa ditemukan banyak reaksi-reaksi lucu dan spontan yang dikeluarkan…
Godtower, situs itupun menyajikan hal yang serupa namun dengan mekanisme yang berbeda, namun mungkin karena versi Inggris sehingga peminatnya tidak begitu banyak dari negeri ini, sedangkan tktq.net jadi begitu populer juga tidak bisa dilapaskan dari peranan forumnya, forum yang menghidupkan suasana tktq sehingga bisa terus meraup pengunjung.

Yah… saatnya mulai berteka teki lagi…. ane masih stuck di level 37 nih… padahal sebentar lagi mau masuk kelas 3, do’ain aja ya… bisa segera terpecahkan.