Mencari Alasan Rezeki

by : Dinar Ashina

Kadang rezeki bisa datang tiba-tiba dari tempat yang tidak kita sangka-sangka, karena emang sang Rabb pemilik rezeki sangat pemurah sekali dan luas sekali rezekinya, kalo ibarat orang kaya bahkan sampai bingung bagaimana mau menghabiskan hartanya, karena jumlahnya yang tidak terbatas. Maka sebenarnya tidak ada alasan buat manusia untuk putus asa dari pertolongan Allah.

Kadang Allah hanya memerlukan sebuah alasan agar rezeki bisa turun kepada kita, sudah ada dan telah ditetapkannya setiap rezeki semua makhluk di atas dunia ini. Alasan itu, alasan bahwa kita secara logis berhak mendapatkan rezeki itu, kan gak keren klo kita hanya berdiam saja tiba-tiba rezeki itu nongol didepan kita, maka perlu sebuah alasan untuk itu kelihatan logis, dan alasan itu tidak selamanya besar dan banyak kadang dengan sebuah kecil saja kita sudah memenuhi alasan untuk diberi rezeki. Ada sebuah kisah dari ibu nabi Isa a.s, Siti Maryam yang saat hamil diperintahkan untuk menggoyang-goyangkan pohon kurma, secara logikanya tindakan itu gak masuk akal, dan seperti tidak ada gunanya, tapi itu sudah cukup untuk menjadi alasan agar rezeki bisa diberikan kepadanya, dan terbukti setelah menggoyangkan pohon itu ia mendapat banyak rezeki yang tidak pernah dibayangkannya.

Intinya rezeki Allah ada dimana saja, dan jumlahnya tidak terkira, kita tinggal menjemputnya saja, dan ingatlah selalu bahwa Allah Maha Pemurah dan itu tidak akan berubah sampai kapanpun, Allah Maha penolong dan tidak akan pernah mendzolimi hambanya apalagi Ia memang Maha Penyayang, gak mungkin dia membiarkan hambanyanya menderita dalam kesulitan. Setiap Allah menciptakan “satu” masalah maka ia juga menyertainya dengan “begitu banyak” solusi untuk menyelesaikannya. Maka, tidak pantas ada kata sedih, susah, sulit dan sejenisnya dalam kamus seorang Muslim, seorang yang percaya kepada ke-Mahaan Rabbnya