Memilih

Memutuskan pilihan itu salah satu situasi yang membuatku tidak nyaman, apalagi ketika pilihannya sama-sama memiliki plus minus yang hampir berimbang,  banyak kekhawatiran yang akan menghantui, takut pilihan kita tidak sesuai harapan, atau pilihan yang tidak diambil malah jadi terlihat lebih baik.

Tapi, segera memutuskan pilihan itu jauh lebih baik daripada terus menerus dalam posisi nggantung gak jelas, lebih baik menerima konsekuensi dari satu pilihan, daripada terus dibayang-bayangi 2 pilihan yang membuat kita malah tidak bisa bergerak maju. Dan setelah keputusan dibuat, seharusnya benar-benar putus, tidak perlu lagi melihat kebelakang pilihan lainnya, klo kata pepatah rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, keputusan yang kita ambil akan selalu diliputi keragu2an kala kita masih terus melihat ke pilihan yang lain, so move-on dan hadapi konsekuemsi keputusan kita.

Ketika memilih, maka data informasi akurat sangat penting, jangan biarkan emosi yang memilih. Data informasinya harus memenuhi kedua sisi pilihan, berimbang, kemudian disertai juga pendapat orang-orang yang terpercaya, sehingga kita bisa mendapatkan pilihan terbaik.

Ketika ingin berbelanja tentu lebih baik kalau bisa mencari tahu seluk beluk barang yang mau dibeli, beserta review testimoni pembeli lainnya. Ini salah satu kelebihan berbelanja di media internet, di website e-commerce seperti amazon kita bisa dengan mudah mengeksplor seluk beluk sebuah produk, membandingkan dan melihat reviewnya, sehingga bisa didapat produk terbaik sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak selamanya review di internet itu jujur, tapi lihat juga ulasannya, lebih baik lihat yang memberi review bintang 3, atau pertengahan, itu yang biasanya memberi review jujur tentang produk, ada pro dan kontranya.

Kalau di tahun politik seperti sekarang, memilih juga bisa bermakna memberikan suara, maka langkah-langkahnya juga sama, kumpulkan informasi seakurat mungkin tentang kandidat yang akan dipilih, kendalikan emosi, kemudian juga lihat review dan testimoni orang lain. Membayangkan kalau data-data para caleg atau capres bisa diakses semudah produk-produk ecommerce, lengkap, mudah dan akurat dengan review beragam, dan tentunya rakyatnya juga harus sudah melek internet semua, mungkin gak akan ada lagi caleg yang gak bermutu

Akhirnya, ketika memilih, paling pamungkas adalah menyerahkan pilihan kita pada yang Maha membolak-balikkan hati, dengan sholat istikharah. Sebenarnya, ketika dihadapkan 2 pilihan, otak kita pasti sudah punya kecendrungan kepada satu pilihan, hanya saja tidak jelas karena ditutupi keraguan, dengan sholat maka kita bisa semakin memantapkan pilihan kita, dan memohon keberkahan atas pilihan kita tersebut, karena sebenarnya apapun pilihannya tetap bisa jadi kebaikan semua pilihan itu asalkan diiringi keberkahan.