Kunci rusak

Ini kejadian saat baru pulang dari perjalanan jauh ke purwokerto kemaren, aku baru nyetir mobil full 5 jam tanpa istirahat, dan tubuh terasa seperti remuk semua. Sampai rumah masukin semua koper dan barang-barang, pas mau buka kamar, kuncinya nyangkut, rusak, seperti ada yang patah didalam rumah kuncinya, anak kunci diputar tidak bisa, ditarik keluar juga tidak bisa. Langsung stress, karena masih lelah habis perjalanan, bukannya bisa santai istirahat, mesti harus ngurusin pintu kamar yang terkunci.

Kunci
Kunci (Photo credit: Indra Riawan)

Beberapa menit, utak atik pakai obeng, masih belum nemu solusi membuka kuncinya, ada pilihan mau didobrak aja, tapi jelas ide yang destruktif, yang ada malah merusak pintunya lebih parah. Berbagai cara kucoba, mulai dari googling, hingga mempelajari rumah kunci pintu kamar yang lain yang gak terkunci.

Sudah hampir 1 jam, aku masih belum bisa menemukan solusi, hingga hampir putus asa, ditambah lelah habis perjalanan. Aku baru teringat ternyata aku belum berdo’a tadi, itu juga setelah diingatkan dei, segera aku berdo’a dan iseng-iseng memasukkan obeng ke rumah kunci yang sudah hancur akibat kupukul pake palu sebelumnya. Saat itu aku gak berharap hasil apa-apa, karena usaha itu sudah kulakukan beberapa kali sebelum dan tidak membuahkan hasil apa-apa, namun ternyata hasilnya berbeda, kali ini berhasil membuka kunci pintu dan pintu kamarpun berhasil dibuka.

Cerita ini sederhana, namun berasa luarbiasa karena nyata baru saja terjadi, aktifitas yang sama yaitu memutar kunci menggunakan obeng, gagal saat belum berdo’a, dan langsung berhasil seketika itu juga setelah aku berdo’a, itu juga dengan iseng karena sudah pasrah karena gagal terus sebelumnya.

Cerita sederhana seperti ini, sebenarnya banyak kita temui di kehidupan sehari-hari, bagaimana pertolongan Allah itu bisa merubah hal yang kelihatannya tidak logis menurut akal, kita jadi mungkin terjadi. Bahwa pertolongan Allah itu nyata, dan sangat mudah sekali Allah menolong kita, yang perlu kita lakukan hanya meminta, berdo’a, hal sederhana yang seringnya malah kita lupa.