Bukan Sekedar Idul Adha

JS tu LDK (lembaga dakwah kampus) UGM kyk di ITB Gamais n Salam UI klo IPB n kampus temen2 namanya apa?

Neeh ane mo ceritain safari ane ama JS.
Safarinya ane 3 hari disana dari kamis siang sampai sabtu sore, kondisi disana ya kyk desa2 gitu, jalannya cuman jalan setapak (cuman ada satu jalan utama yang aspal) dalam radius 100 meter cuman ada 1 atau 2 rumah, pokoknya masih alami banget.

Kegiatannya lomba takbir keliling, sholat ied, penyembelihan hewan qurban, lomba TPA, pelatihan ustadz-ustadzah, tabligh akbar, pasar murah, pengecetan mushollah dan mesjid, n pengobatan gratis serta silaturrahmi.

Wah disana ane dapet banyak banget pengalaman seru, apalagi sambutan warga sana cukup simpatik ama kegiatan kami terutama pas lomba takbir keliling , antusias banget, lombanya jalan kaki sekitar 3 km pakai obor, pakai alat musik n teriakan takbir.
Yang ikut 9 kelompok@15 orang, seru banget semua alat yang bisa dibunyikan dibawa (kentungan, bedug, bahkan ada yang bawa gong n alat musik tradisional lainnya), diiringi suara takbir yang terus-menerus cuman diterangi pake obor indah banget deh malam itu.

Malamnya kami silaturrahmi ke mesjid2 disana n ikutan takbir ampe pagi
Besoknya sholat Ied ceramahnya pake boso jowo halus wah aneh banget beda ama boso jowo yang biasa dipake ngomong.

Hewan qurban kami berhasil mendapatkan 19 kambing n 1 sapi dari shohibul qurban di Jogja n daerah lain( ada juga yang dari jakarta), sebenarnya itu masih sedikit dari target kami sekitar 30 kambing tapi itu dah usaha terbaik kami, warga sana membantu kami dengan semangat (soalnya biasanya paling banyak cuma 3 kambing) abis itu kami makan daging terus(asyik).

Lomba TPA juga seru banget, anak2 disana dibikin lombanya kyk outbond dengan pos2, mereka cukup antusias, juga ada dongeng anak dengan pendongengnyadari jogja, juga pelatihan ustadz n ustadzahnya

Malemnya tabligh akbar, ini persiapannya cukup merepotkan, cari tikar nyewa panggung n tenda, juga nyewa listriknya. Karena kurang orang terpaksa ikhwannya juga diikutkan mengemas konsumsi (akhwatnya lagi bikin lomba tpa) tapi sore itu kami kurang beruntung, hujan sehingga yang dateng hanya setengah dari yang diharapkan.

Setelah selesai acara ane ngantar ustadznya pulang ke jogja (wah dah lama gak bawa mobil, padahal ini pertama kali ane bawa mobil ke jalan luar kota) besoknya ane terus jemput tim dokter untuk pengobatan gratis (dari Mer-C n mahasiswa kedokeran UGM) sampe disana ane terus bantuin pengecatan mesjid2 wah gak abis2 pekerjaannya sampai sore selesai semua kami puas foto2 n kembali ke jogja.

Banyak banget keuntungan yang ane dapet, diterpa kesulitan n kerja keras bikin ane tambah militan (klo dulu ane pulang pergi kesana sekitar 80 km sampai jogja pasti ane mo langsung pulang ke kos n istirahat, tapi kemaren ane 3 kali pulang pergi tapi masih semangat terus) panitia hanya sekitar 30 orang n ikhwannya bahkan cuma 15 (soalnya paling banyak kerja yang ikhwan) kami harus menyelesaikan kegiatan yang begitu banyak.

Ditambah medan disana yang tidak begitu mudah (motor ane dah kagak keliatan baru lagi, kyk balapan offroad disana. ada sekitar 3 kali ngisi bensin disana dalam waktu 3 hari), tapi itu menambah kekompakan kami n puasss banget rasanya setelah selesai.

23 Jan 2008
Kenangan indah Bakti sosial “Sajadha” Idul Adha