Biar One Day One Juz Lebih Baik

ODOJ sudah jadi gerakan fenomenal yang banyak diikuti ribuan orang, ini trend positif dalam membumikan Al-Quran di tengah masyarakat, nah agar semakin kuat banyak saran perbaikan yang bisa diambil, salah satunya dari ustadz Muhammad Abduh Tuasikal berikut ini http://muslim.or.id/al-quran/solusi-one-day-one-juz.html

Front of the Quran

Dan banyak artikel berisi kritik dan saran lainnya, yang harusnya bisa dijadikan bahan evaluasi untuk membuat odoj lebih baik lagi, beberapa saran yang penting, seperti berikut ini :

  • Tetap memperhatikan masalah keikhlasan, ini penting karena aktifitas seperti ODOJ mengharuskan kita melaporkan amalan, dekat sekali dengan riya’ yang sangat berbahaya bagi tauhid kita. Jadi, selalu perbaharui niat, ikutan ODOJ hanya untuk memotivasi dan mendisiplinkan diri beribadah kepada Allah SWT. Dan kalau sudah terbiasa, ada baiknya tidak perlu ikutan lagi, lebih selamat, karena masalah hati cepat sekali berubah-ubah.
  • Tidak perlu ada lelang-lelangan, karena gak ada namanya khataman grup, masa mau khatam setiap hari, paling cepat 3 hari boleh khatam kata Rasulullah, dan kalau di lelang, ada kemungkinan yang punya juz, justru malah terlewatkan jadi tidak komplit membaca 30 juz dalam 1 bulan.
  • Selain membaca, yang lebih penting diingat agar juga memahami dan mentadabburi ayat-aat Al-Quran, sekaligus juga diperhatikan soal bacaan tajwidnya, jangan asal selesai mengejar target
  • Tidak perlu ada hukuman dan pemaksaan, karena dalam membaca Al Qur’an, kita diperintahkan membacanya sesuai dengan masa semangat dan kemudahan.

Dengan saran-saran ini, seharusnya membuat odoj bisa makin kuat, tidak perlu anti kritik, apalagi sampai mengira kritik akan bikin layu gerakan ini, masa’ semudah itu bisa layu, justru kalau mudah layu berarti ada yang salah. Kritik yang benar akan selalu membangun, apalagi jelas dalil-dalilnya.