Belajar SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu hal penting yang wajib diketahui semua orang yang berkecimpung di dunia marketing online, baik seorang pemilik toko online, affiliate marketer maupun sekedar blogger. Dengan menggunakan SEO kita bsa mendatangkan pengunjung yang tepat ke situs kita untuk saling mendapatkan manfaat, pengunjung mendapatkan apa yang dicari dan kita mendapatkan pengunjung yang bisa membaca situs kita ataupun membeli produk yang kita jual.

English: seo block
English: seo block (Photo credit: Wikipedia)

Belajar SEO untuk pemula sebenarnya gampang, saat ini sudah banyak sekali informasi yang tersedia gratis di internet. Silahkan di googling saja, nanti bakal ketemu banyak artikel dalam bahasa Indonesia yang membahas tentang SEO, apalagi yang berbahasa Inggris lebih banyak lagi. Yang menyediakan kursus SEO berbayar juga banyak, walaupun aku gak menyarankan untuk pemula sampai harus mengeluarkan uang untuk belajar SEO dasar, alasannya seperti yang kusebutkan tadi, informasinya sudah tersebar gratis dan banyak sekali di Internet.

Kalau suka berforum, aku sarankan mengunjungi ads-id.com disana tersebar begitu banyak, tips dan artikel SEO dari para masternya, yang sudah memiliki penghasilan hingga ribuan dollar walaupun tanpa pernah dikenal sebagai pakar atau ahli SEO. Hanya saja kalau belajar di forum, kita dituntut untuk mandiri, menyusun sendiri pola belajar tahapan-tahapnnya, tapi justru dengan kemandirian inilah yang menurutku seseorang bisa lebih paham SEO, yang akhirnya akan bereksperimen sendiri dan menemukan pola menguasai SEO ala dirinya sendiri.

Tapi kalau tetap ingin belajar di kursus yang berbayar, ya silahkan saja, banyak pakar dan ahli seo yang bisa ditemui. Mereka tentunya harus menyatakan dirinya pakar atau ahli, karena mau gak mau untuk menjual jasa SEO dan kursus SEOnya. Dianjurkan ikut kursus belajar SEO berbayarnya yang menyediakan membership online, sehingga bisa belajar terus dalam waktu lama, soalnya belajar SEO tidak cukup hanya dengan beberapa kali pertemuan saja, cukup banyak pembahasannya terutama kalau masih pemula yang sangat awam, karena itu aku gak menganjurkan ikut seminar-seminar atau workshop SEO yang cuma sekali pertemuan, cuma beberapa jam, itu juga beramai-ramai dengan peserta lainnya.

Belajar SEO lainnya bisa melalui video tutorial, ada channel dari seorang pakar SEO, walaupun menawarkan membership berbayar, tapi video tutorial SEO gratisnya cukup lengkap, total sudah ada 129 video di channelnya, masing-masing berisi sekitar 10 menitan video, pembahasannya cukup lengkap dan tidak melulu promosi produk seperti banyak video tentang IM lainnya di youtube.
http://www.youtube.com/user/syamsulalamnet/videos