Belajar di Kampus Yutub

Perkembangan teknologi benar-benar memudahkan semua urusan kita, termasuk jug adalam hal belajar, apapun bidang yang ingin kita pelajari bisa didapat di internet, baik dalam bentuk teks ataupun yang lebih visual dalam bentuk Video. Di youtube banyak sekali channel2 yang memudahkan kita untuk belajar, contohnya seperti channel JamesESL ini sangat membantu siapapun yang ingin belajar bahasa inggris, hanya dengan duduk didepan komputer dirumah saja sudah hampir mirip ikut kursus bahasa inggris yang menyediakan native speaker, yang biasanya biayanya super duper mahal.

Di kampus yutub, ada banyak sekali video-video pelajaran yang bisa kita akses dengan gratis, sehingga benar-benar memudahkan kita belajar tentang apapun dengan bermodal internet saja, contohnya seperti channel JamesESL diatas, atau yang sangat terkenal channel Khan Academy yang berisi banyak sekali video pelajaran dalam berbagai bidang. Banyak cabang keilmuan lainnya, seperti otomotif, olahraga, bahasa arab, dll bisa dicari di yutub, mulai dari video yang amatir dengan kamera yang pas-pasan hingga yang digarap sangat profesional dengan editing visual tambahan.

yutub

Memang sebagian besar bahasa pengantarnya bahasa inggris, ya minimal kita harus punya basic sedikitlah untuk bisa paham. Tapi ada juga channel-channel yang berbahasa Indonesia, salah satu contohnya moslem channel dari yufid.tv , kita bisa belajar bacaan dan gerakan sholat yang benar disini, ada juga pelajaran bahasa arab dan tahsin Al-Qur’annya, dan bahkan ada juga yang untuk anak sekolahan di yufid edu.

Keuntungan belajar melalui video tentunya bisa membuat kita lebih semangat dalam belajarnya dibandingkan hanya membaca teks atau buku, belajar dengan menggunakan audio visual sudah terbukti keefektifannya, karena membuat beberapa indera kita aktif dalam proses belajarnya. Selain itu hal-hal yang spesifik hanya bisa dijelaskan dengan gerakan, contohnya seperti gerakan2 sholat hanya bisa dipelajari dengan utuh melalui video

Akhirnya, ketika kontennya sudah tersedia, tinggal cara mengaksesnya yang jadi masalah, ya konten video harus diakui masih agak sulit diakses di negara fakir bandwidth kita yang tercinta ini. Hal ini harusnya jadi perhatian penuh pemerintah khususnya kementrian kominfo, agar bisa menyediakan akses internet yang cepat bagi semua rakyatnya, bisa dibayangkan betapa banyak ilmu-ilmu berharga yang bisa didapat dengan koneksi internet yang cepat dan murah juga tentunya, pastinya bisa meningkatkan kualitas SDM kita.