Agar Nikmat Sholat Subuh

Shalat subuh bagiku merupakan sholat yang termudah dan terasyik.
Suasananya sangat menyenangkan, pagi yang dingin tapi menyegarkan kunikmati dengan berjalan kaki menuju masjid. Bisa sekaligus perenggangan tubuh, apalagi setelah lelah duduk di depan komputer sejak bangun jam 12 malam tadi. Berjalan sambil menghirup udara segar pagi, masih sepi, tenang dan damai.

Bangun lebih awal

Tips terbaik untuk bisa mudah sholat subuh berjama’ah di Masjid adalah bangun lebih awal sebelum masuk waktunya, lalu mulai beraktifitas, bisa bekerja, belajar atau sekedar minum kopi, lebih baik lagi kalau kita bisa Qiyamul Lail dilengkapi dengan membaca Al-Qur’an. Cara termudah agar bisa bangun dini hari adalah, tidur jauh lebih awal, ba’da Isya sekitar jam 8 malam waktu yang sangat baik untuk tidur, sehingga kita pun bisa bangun lebih awal, tidak perlu tidur lama, sekitar 4-5 jam sudah cukup, nanti dilengkapi 1-2 jam tidur siang.

Jangan tidur lagi

Masa-masa paling mengantuk biasanya akan datang sekitar setengah jam sebelum waktu adzan Subuh, maka waspadalah, setan menggunakan seluruh kekuatannya untuk menggoda kita agar tidur di masa-masa kritis ini, kalau sudah tertidur, bisa-bisa subuhpun terlewat waktunya sampai matahari telah terbit. Aktifitas yang mengundang ngantuk juga harus diwaspadai, seperti tidur-tiduran, atau membaca sambil berbaring, dll

Nikmatnya Subuh

Hal penting lainnya adalah, kita harus memprogram pikiran kita, kalau memang ingin bangun lebih awal, ingin sholat subuh berjama’ah di masjid.  Sebelum tidur kita harus sudah menetapkan jam berapa tepatnya kita akan bangun. Masukkan pula bayangan kenikmatan apa yang bisa kita dapatkan dengan bangun lebih awal, kenikmatan subuh, masukkan juga hal-hal yang menyakitkan bila kita bangun kesiangan, badan jadi sakit-sakit, kepala pusing, jadi malas seharian, dll.

Subuh merupakan gambaran awal seperti apa hari yang akan kita jalani hingga malam, jika kita sukses di pagi hari, InsyaAllah hari kita akan jadi lebih baik, penuh semangat dan kebahagiaan, sebaliknya jika kita memulai hari dengan bangun kesiangan, kemalasan akan merasuki diri kita, dan bisa jadi seharian penuh tidak akan baik.