a story…

Surga tanpa pernah shalat sekalipun

by : Aldrino Abu Ihsan (bru dr T&G Dosha)

Mungkinkah…? Sahabat amr bin tsabit (CMIIW) mendapatkan julukan tersebut, di padang jihad Uhud yang menewaskan banyak syuhada, tersebutlah nama amr bin tsabit di jajaran para syuhada Uhud. Dia, sang gembong pasukan kafir… bagaimana bisa berada di bagian para syuhada, pasukan muslim yang tewas di peperangan tersebut?  Banyak yang betanya-tanya, Maka Rasulullah pun menjelaskan, ia benar-benar syuhada, dan surgalah tempatnya kelak. Sesaat menjelang peperangan, ia mendapat hidayah, serta merta berpaling menjadi pembela pasukan muslim.

Dan tidak tanggung-tanggung, pekerjaan pertamanya sebagai muslim adalah mengikuti sebuah perang besar, yaitu Uhud, langsung melawan orang-orang yang beberapa saat lalu masih menjadi teman-temannya. Tidak ada rasa gentar didadanya, dan tidak pula meminta kompensasi sebagai muallaf, yang baru memeluk islam, ia langsung membela agama barunya tersebut, bahkan sebuah kematian harus dihadapinya, sebuah pengorbanan yang sangat luar biasa namun juga berbalas dengan luar biasa pula, surga.

Dikenallah ia sebagai seseorang ahli surga yang belum pernah mendirikan sholat sekalipun. Dengan keyakinan kokohnya, komitmen sebagai muslim, pembelaan secara penuh, bahkan untuk melawan orang-orang yang sangat dekat dengannya sebelumnya. Tidak ada kompensasi maupun keringanan yang dimintanya.